Satlantas Polres Karanganyar menyandang predikat terbaik tingkat nasional kategori polres tingkat I dalam ajang IRSMS

0
188

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar menyandang predikat terbaik tingkat nasional kategori polres tingkat I dalam ajang Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Award 2016 gelaran Mabes Polri dan Jasa Raharja.

Di posisi kedua dan ketiga berturut-turut Polres Tuban, dan Polres Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim). Penghargaan tersebut diberikan lantaran sistem pendataan online kasus-kasus kecelakaan di Karanganyar dinilai yang terbaik dari aspek kecepatan, dan ketepatan (validitas).

Piagam penghargaan diberikan Wakakorlantas Polri, Brigjen Pol Indrajit, kepada Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo, Kamis (22/9). Acara dihadiri Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian, dan Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Agung Budi.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, melalui Kasatlantas AKP Suryo Wibowo, mengatakan penghargaan itu merupakan capaian membanggakan Polres. Kreativitas untuk mengurangi angka kecelakaan juga menjadi aspek penilaian.

“Alhamdulillah Satlantas Polres Karanganyar berhasil meraih prestasi ini. Kami bertekad mempertahankan capaian ini, dan terus berusaha meningkatkan kinerja di waktu-waktu mendatang,” kata dia saat diwawancara wartawan, Senin (26/9/2016).

Menurut Suryo, saat penyerahan penghargaan di JCC, Kapolri meminta jajaran Polri utamanya Korlantas, lebih dekat dengan masyarakat dan meningkatkan performa. Salah satu indikator baiknya performa yaitu adanya layanan SIM online.

Sedangkan Kapolres Karanganyar menekankan pentingnya peningkatan kinerja Satlantas membuat formula efektif guna mengurangi dan mencegah angka lakalantas. Pendekatannya dengan memanfaatkan data yang valid dan up to date.

Menurut dia Satlantas harus bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan pembina dan penyelenggara lalu lintas angkutan jalan (LLAJ). Langkah tersebut penting lantaran angka lakalantas di wilayah Karanganyar masih tinggi.
“Kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan menjadi faktor sangat penting untuk menekan angka lakalantas. Sebab kasus-kasus kecelakaan selama ini didominasi karena rendahnya etika berlalu lintas,” terang dia.

Sementara penghargaan IRSMS Award 2016 tingkat kepolisian daerah (polda) diraih berturut-turut oleh Polda Jateng, Polda Jatim, dan Polda Sultra. Sedangkan tingkat polresta/polrestabes diraih Polrestabes Surabaya, Polresta Surakarta, dan Polres Kabupaten Bekasi. Di sisi lain penghargaan untuk jumlah kasus kecelakaan terendah diperoleh Polres Pagar Alam, dan Polres Berau.

Sumber: Solopos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here