Tingkatkan Kemampuan Anggota, Sat Reskrim Polres Karanganyar Gelar Latihan Olah TKP

0
381

Untuk meningkatkan Profesionalime anggota Polsek Jajaran Polres Karanganyar dalam investigasi sebuah tindak kriminal, Polres Karanganyar telah mengadakan pelatihan dan Simulasi Olah Tempat Kejadian perkara (TKP) dan kegiatan peningkatan kemampuan ini bertujuan untuk menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat, Rabu (15/1).

Acara pelatihan tersebut dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Karanganyar AKP Ismanto Yuwono bersama Tim Reskrim Polsek jajaran Polres Karanganyar serta hadir pula Sie Dokes Polres Karanganyar yang dilaksanakan di lapangan Wira Satya. Pelatihan dilaksanakan dalam 2 Sesi, yang pertama yaitu simulasi yang dilaksanakan dengan memperagakan adanya kejadian tindak pidana pembunuhan dengan adanya Korban jiwa. diawali petugas mengamankan/ menjaga TKP agar status Quo tidak berubah, dilanjutkan petugas lainnya untuk mengerjakan tugasnya masing-masing dalam mengolah TKP yaitu melakukan proses identifikasi untuk menemukan barang-barang bukti dengan peralatan Identifikasi yang dimiliki serta mengambil sidik jari baik manual dan juga menggunakan alat Handheld identification portable system untuk mengetahui identitas korban selanjutnya mencatat saksi-saksi di TKP . Sesi selanjutnya pemberian bekal Materi oleh Kasat Reskrim tentang olah TKP yang benar dan tidak merusak tempat kejadian perkara.

Olah TKP yang baik dan benar menjadi penentu utama dalam memecahkan sebuah perkara dengan mengumpulkan petunjuk – petunjuk pertama di Tempat Kejadian Perkara.

Pena Lawu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here