Penerimaan Mahasiswa Baru 2020/2021 di Jawa Barat : TeknoVidia

Tentang PPDB Java u West ke level SMA/SMK

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan PPDB Jawa Barat atau  penerimaan mahasiswa baru dimana di akhir semester banyak mahasiswa atau mahasiswi yang perlu mempersiapkan diri menghadapi PPDB. Selama masa penerimaan, mahasiswa baru, tentu saja, harus penuh pertimbangan.

Banyak mahasiswa yang merasakan dilema tentang apakah akan memilih atau masuk kampus, masalahnya bukan hanya kampus mana, tapi juga mana yang harus dipilih. Selain itu, memilih sekolah akan berdampak pada rencana jangka panjang siswa, terutama bagi mereka yang akan melanjutkan ke sekolah menengah atau pendidikan kejuruan.

Kebanyakan orang ingin masuk ke sekolah tinggi yang menjadi favorit, baik itu sekolah negeri maupun swasta, bahkan banyak yang mengantre dan mau menjadi cadangan. Bahkan beberapa orang tua rela mengeluarkan uang ekstra dan hal-hal yang termasuk menyontek untuk masuk ke sekolah menengah.

Sementara itu, PPDB Jabar masih menggunakan sistem yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu sistem zonasi. Mulai dari siswa SMA yang bersekolah di SMA atau vokasi, siswa SD yang akan bersekolah di SMA dan lainnya masih menggunakan sistem zonasi yang diterapkan secara daring.

Penerimaan Mahasiswa Baru 2020/2021 di Jawa Barat

Dinas pendidikan provinsi Jawa Barat sendiri nyatanya telah kehilangan implementasi ppdb untuk SMA atau SMK pada tahun ajaran 2020-2021. Pendaftaran sendiri akan dimulai dengan dua langkah agar yang mendaftar di SMA atau SMK, bisa mendaftar pada 8 dan 12 Juni untuk tahap 1.

Sedangkan untuk tahap kedua, yaitu dari tanggal 25 Juni hingga 1 Juli 2020, tidak perlu mengunjungi sekolah yang bersangkutan karena anda hanya perlu mengakses   website PPDB  Jawa Barat melalui http://siap-ppdb.com/jabar maka anda akan melihat portal penerimaan mahasiswa baru di provinsi Jawa Barat.

Setelah mengakses halaman situs yang tercantum di atas, Anda akan diarahkan ke halaman beranda. Di beranda situs web atau portal PPDB, Anda dapat melihat informasi tentang penerimaan mahasiswa baru pada tahun atau periode yang relevan, yaitu 2020-2021, yang menyediakan beberapa jalur seleksi alternatif.

Untuk informasi terbaru, Anda harus sering mengakses halaman situs. Jangan sampai Anda tertinggal informasi penting tentang pendaftaran atau dokumen ppdb lengkap JAWA BARAT untuk mendaftar di sekolah binaan. Apalagi jika sekolah benar-benar sekolah yang sudah lama anda favoritkan.

Apalagi saat ini semua informasi bisa didapatkan dengan mudah, Anda hanya perlu mengandalkan smartphone dan jaringan internet. Tidak perlu pergi ke sekolah binaan untuk mendaftar dan bahkan anda bisa mendapatkan informasi melalui sarana online, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, pendaftaran di rumah lebih disarankan.

Cara mendaftar di Portal PPDB

Penerimaan mahasiswa baru cenderung dilakukan secara online bahkan website sudah disediakan untuk masing-masing daerah, termasuk Jawa Barat. Anda dapat mengakses portal penerimaan mahasiswa baru dalam jadwal seperti yang dibahas di atas, ada 2 langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi halaman website PPDB Jabar yang disediakan pemerintah
  2. Anda dapat mengakses menggunakan browser di Smartphone, tetapi lebih jelas Anda dapat menggunakan perangkat komputer
  3. Pertama, Anda diminta untuk membuat akun di portal PPDB
  4. Setelah membuat akun, segera masuk ke halaman utama, pilih kabupaten atau kota tempat Anda tinggal atau tempat mendaftar
  5. Setelah mengklik opsi kabupaten atau kota, Anda akan diarahkan ke pilihan jenjang, baik di sekolah dasar (SD), sekolah menengah atas (SMP) atau sekolah menengah atas (SMA)
  6. Setelah memilih tingkat sekolah, saatnya memilih jalur pendaftaran
  7. Secara umum, ada tiga jalur paling umum yang dapat Anda pilih dari portal ppdb, yaitu jalur realisasi, jalur transfer orang tua atau wali, dan jalur zonasi
  8. Pilih jalur yang Anda inginkan dan daftar online dengan memasukkan dokumen yang diperlukan
  9. Nantinya, pihak sekolah akan melakukan verifikasi pendaftaran atau meminta akun atas berkas yang telah
  10. Setelah itu, Anda hanya perlu memantau hasil seleksi online

Jalur aplikasi online yang paling umum

Seperti pembahasan di atas dimana terdapat beberapa jalur saat melakukan pendaftaran secara online di portal PPDB Jawa Barat. Yang pertama adalah jalur penaklukan, jalur ini diperuntukkan bagi calon siswa atau siswa yang memiliki prestasi di luar zonasi sekolah sehingga prestasinya dapat dijadikan sebagai penentuan seleksi.

Prestasi ini dapat menambah nilai, tetapi jalur pencapaian jumlah siswa yang diterima hanya sekitar 5% dari total kapasitas sekolah. Ada juga jalur zonasi dan jalur ini yang paling umum karena mengutamakan jarak dari tempat tinggal terdekat dengan sekolah.

Jumlah siswa yang nantinya akan diterima melalui jalur zonasi kurang lebih 90% dari total daya tampung sekolah. Konsep zonasi tergantung pada kewenangan masing-masing pemerintah daerah, sedangkan jalur pemindahan orang tua yang bertanggung jawab diperuntukkan bagi siswa yang tinggal di luar zona sekolah.

Begitu pula dengan jalur realisasi di mana jalur pemindahan orang tua atau wali hanya 5% dari total daya tampung sekolah. Padahal, pemerintah saat ini memprioritaskan jalur zonasi, namun untuk jalur zonasi lainnya juga akan terus berkompetisi menggunakan bulletin.

Bagaimana jika sulit untuk mendaftar di Portal ppdb?

Bagi yang sedang mengalami kesulitan atau membutuhkan informasi lebih detail mengenai website PPDB Jawa Barat, jangan khawatir karena pendaftaran online harus dibantu oleh guru atau guru kelas sekolah yang asli. Dengan demikian, Anda dapat meminta bantuan guru sekolah sebelumnya untuk mendaftar ke tingkat pendidikan berikutnya.

Namun, jika anda masih kesulitan atau ada informasi lebih lanjut yang ingin anda minta, anda bisa menghubungi call center PPDB yang buka dari senin sampai jumat selama jam kerja, yaitu pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Anda dapat melakukan panggilan ke nomor yang terdaftar, yaitu 500250 atau mengirim email.

Untuk mengirim email keluhan atau kesulitan yang dihadapi, Anda dapat mengirim pesan di marketing@siap-online.com. Batang Anda juga bisa  mendapatkan  informasi dari PPDB Jawa Barat  secara online melalui layanan SMS untuk klien XL, karena informasi terbaru sangat penting, terutama setelah mendaftar.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika anda mendaftar secara online, yaitu selalu update informasi terbaru tentang PPDB di sekolah binaan agar tidak ketinggalan informasi penting. Karena setiap sekolah memiliki persyaratan yang berbeda untuk dokumen kelengkapan dan sistem zonasi yang berbeda.

Cek juga kelengkapan dokumen dan persyaratan yang diperlukan, tentunya Anda perlu berkonsultasi dengan orang tua dan juga guru atau guru kelas ketika memilih sekolah untuk jenjang selanjutnya. Sebelum mendaftar portal PPDB Jawa Barat, ada baiknya Anda memilih sekolah sesuai dengan skill dan persyaratan yang berlaku.

Read More