Keberhasilan Satreskrim Polres Karanganyar Bongkar 4 Kasus Pencabulan dalam 1 Bulan

0
85

Karanganyar . Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Karanganyar mencatat empat kejadian kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur di Kabupaten Karanganyar. Angka tersebut naik dibanding tahun lalu.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi melalui Kasat reskrim AKP Tegar Satria menyampaikan, kasus pencabulan ini sebagian besar terjadi di lokasi wisata Tawangmangu. Saat ini masih ditangani unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Korbannya masih di bawah umur berstatus pelajar. Modus yang digunakan para pelaku dengan menjanjikan akan dinikahi. Namun justru sebaliknya, pelaku tidak bertanggung jawab atas perbuatanya.

”Kebanyakan keluarga dari korban tak terima dengan apa yang dialami anaknya. Lalu membuat laporan ke polisi,” jelas kasat reskrim. 

Pihaknya mengimbau para orang tua agar lebih intensif dalam mengawasi anaknya. Terlebih, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online sebagi dampak pendemi Covid-19.

”Pengawasan harus lebih ditingkatkan. Jangan sampai anak-anak salah dalam pergaulan yang berakibat fatal,” kata dia.

Salah satu kasus pencabulan yang belum lama ini terjadi adalah denga pelaku R alias D. R ditahan lantaran mencabuli adik iparnya sendiri, yakni M, 16 warga Tasikmadu. R mengaku telah menjalin hubungan dengan adik iparnya tersebut sejak 2018 lalu. Sejak saat itu, R mengaku telah melakukan hubungan layaknya suami istri dengan M. Kasus ini terungkap setelah orang tua korban melaporkan kasus pencabulan ini kepada aparat kepolisian.

”Atas perbuatannya, R alias D dijerat dengan UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman 15 tahun penjara,” jelasnya. 

Kanit PPA Polres Karanganyar Aiptu Siti Musrifah menyampaikan, pelaku pencabulan rata – rata sudah menjadi teman dekat korban. Beberapa di antaranya masih ada hubungan keluarga dengan korbannya.

”Berawal dari teman dan dari keluarga dekat, kemudian mereka melakukan hubungan terlarang tersebut,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here