Demi Menjaga Warga Dari Penyebaran Wabah Covid 19, 8 Mobil Diputar Balik

0
171

Terobos Pos Penyekatan Cemoro Kandang, Delapan Mobil Terpaksa Diputar Balik

KARANGANYAR – Sebanyak delapan mobil yang nekat hendak masuk ke wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur terpaksa diputar balik saat melintas di posko penyekatan Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko mengatakan sejak pemberlakuan penyekatan larangan mudik, sebanyak 32 kendaraan roda empat, yang melintas di posko penyekatan Cemoro Kandang, terpaksa diberhentikan.

Dari pemeriksaan, 24 kendaraan di persilahkan melanjutkan perjalanan menuju ke Jawa Timur. Sedangkan delapan kendaraan terpaksa diputar balik dikarenakan tidak membawa surat-surat kelengkapan seperti Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang disesuaikan dengan kebutuhan, KTP pemohon, surat keterangan sesuai kebutuhan (dari rumah sakit bila sakit, keterangan hamil, dan sebagainya).

Surat hasil negatif dan pengetesan PCR atau swab antigen maupun GeNose yang sampelnya diambil dalam kurun waktu paling lama 1×24 jam sebelum keberangkatan.

“Delapan kendaraan yang terpaksa diputar balik itu dikarenakan selain tidak jelas tujuannya, juga tidak membawa kelengkapan yang telah diterapkan,”papar Kasatlantas saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Kamis (6/5/2021).

Diakui oleh Sarwoko, banyak pengendara yang terjaring di penyekatan, bersikukuh nekat tetap ingin melanjutkan perjalanannya. Namun, pihaknya memberikan edukasi pada pengendara yang ngeyele dan tetap ingin melanjutkan perjalanan.

“Saya menekankan pada anggota untuk memberikan edukasi pada pengendara. Akhirnya, setelah diberi edukasi, merekapun kembali dan melengkapi persyaratannya. Kalau syaratnya lengkap, mereka pun diijinkan melanjutkan perjalanan,”terangnya.

Terpisah Kasubag Humas Polres Karanganyar yang juga Kapospam penyekatan di exit tol Klodran, Colomadu, Karanganyar Iptu Agung Purwoko mengatakan, di hari pertama penyekatan, 35 kendaraan berplat AE dan B telah diperiksa.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, meski berplat luar daerah, ternyata pengendara itu mayoritas masyarakat Soloraya,”terangnya.

Namun ada juga warga yang berasal dari luar daerah Soloraya ikut diperiksa. Karena semua surat-surat persyaratan lengkap, maka pemudik itupun di persilahkan melanjutkan perjalanan.

Menurut Agung, menindaklanjuti larangan mudik lebaran, Polres Karanganyar telah mendirikan 8 pos di 8 titik.

Delapan pos iti yaitu pos pelayanan dan pos penyekatan yang berada di Cemorokandang dan merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. source Jateng.inews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here